Rabu, 05 Mei 2010

Rakor Regional Wilayah Timur Bidang Pendidikan yang dilaksanakan pada 5/ 5/ 2010 di Hotel Grand Central Manado dengan tema peningkatan mutu SDM melalui pendidikan formal dan non formal dibidang pendidikan merupakan kerjasama antara Kementrian Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.
Gubernur SHS yang diwakili oleh PLt, Sekprov Sulut Drs HR Makagansa Msi dalam sambutannya mengatakan bahwa sektor pendidikan merupakan elemen penting sebagai tiang utama konstruksi negara yang dipandang penting dan mendapatkan tempat strategis dalam mata rantai pembangunan. Karena dipahami bahwa pada hakikatnya melalui pendidikan akan terbangun manusia- manusia yang unggul dan berdaya saing yang nantinya akan menjadi daya dukung mata rantai pembangunan bangsa dan daerah.
SHS juga menambahkan pemerintah Provinsi Sulawesi Utara sendiri dengan jelas memahami akan tujuan pemerintah sehingga dalam 5 tahun terakhir diambil langkah- langkah strategis untuk menempatkan pendidikan sebagai tringger (pemicu) bagi kemajuan bangsa dan daerah. Hal ini dapat dilihat dari indikator- indikator , antara lain, Indeks Pembangunan Manusia (Human Development Indeks) Sulawesi Utara memperoleh peringkat 2 (dua) secara nasional sesudah DKI Jakarta dengan nilai 73,2%; sampai tahun 2008 Angka Bebas Buta Aksara mendapat peringkat I (satu) secara nasional dengan capaian 99,90%, yang artinya adalah masyarakat Sulawesi Utara nyaris bebas dari buta huruf.
Diakhir sambutannya, SHS berharap kiranya rapat kerja regional ini akan semakin memantapkan dan memperkuat tekad dan komitmen bersama, serta akan menghasilkan berbagai kesepakatan, kebijakkan dan program strategis yang pasti akan diimplementasikan secara sinergis dalam rangka meningkatkan mutu SDM Indonesia yang terampil, unggul, berdaya saing dan mampu menjawab tantangan global.
Rakor Regional Wilayah Timur Bidang Pendidikan ini dihadiri oleh Deputi Bidang Koordinasi Pendidikan, Agama dan Aparatur Negara Kementrian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat RI, para Narasumber dari Departemen Pendidikan Nasional RI dan Litbang, para Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang berada di wilayah timur Indonesia, SKPD dilingkungan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.

0 komentar:

Posting Komentar