Kamis, 27 Mei 2010

Gubernur Sulawesi Utara Drs Sinyo Harry Sarundajang melaksanakan pelantikan dan serah terima jabatan terhadap dua pejabat eselon II dilingkungan Pemprov Sulut, masing-masing Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs HR Makagansa MSi yang juga selaku Plt Sekprov Sulut menjadi Kepala Dinas Diknas menggantikan Drs Djouhari Kansil MPd yang saat ini diperbantukan di Pemprov. Sementara Ir Rachmad Mokodongan dipercayakan sebagai Plt Sekprov Sulut.

Pelantikan yang berlangsung di ruang Huyula Kantor Gubernur tersebut berdasarkan Keputusan Gubernur No. 821.21/BKD/SK/80 Tahun 2010 Tentang Pemberhentian dan pengangkatan pejabat eselon II dilingkungan Pemprov Sulut Tanggal 26 Mei 2010. Sedangkan Bagi Plt Sekprov didasari Keputusan Gubernur No. 800/999/Sekre/BKD/2010 Tanggal 18 Mei 2010.

Sarundajang menyebutkan pelaksanaan sertijab atau yang lebih dikenal dengan istilah tour of duty and tour of area sedikitnya memiliki tiga unsur pokok yakni organisasi yang sehat dan dinamis tentunya harus ada penyegaran, selanjutnya untuk kepentingan karier yang bersangkutan serta untuk kepentingan tugas (misi) dari organisasi itu sendiri.

Dikatakannya agar organisasi bisa berjalan lancar kita harus menggunakan fungsi-fungsi manajemen yang baik seperti adanya perencanaan, organizing, actuating, serta controlling. Sarundajang mengatakan, Organisasi yang sehat perlu adanya perencanaan yang matang serta realistis, selanjutnya dalam berorganisasi bagaimana kemampuan seorang manajer dalam mengawaki setiap SKPD sehingga SKPD itu bisa berhasil karena Pemprov disebutkan memiliki organisasi lini dan staf yang besar, sedangkan actuating SHS menyebutkan bagaimana mengaktualisasikan sub ordinad yang ada untuk mencapai tujuan.

Akan halnya dengan fungsi kontroling atau evaluasi Sarundajang mengingatkan kepada Mokodongan selaku Sekprov yang baru agar bisa belajar dari pendahulunya Drs Robby Mamuaja dan Makagansa yang setiap hari terus mengevaluasi organisasi dilingkungan Pemprov Sulut ini, sehingga Pemprov Sulut menjadi satu-satunya Provinsi di Indonesia yang mendapat predikat WTP oleh BPK demikian pula dengan penilaian kinerja Sulut kini menuju pada tiga besar hal itu lebih disebabkan oleh dua keunggulan kita raig dua tahun terakhir ini yakni WTP dan inovasi yakni berhasilnya tiga even internasional pada tahun 2009 lalu WOC, CTI Summit serta Sail Bunaken.

Kesempatan itu Sarundajang juga mengingatkan, agar Pemilukada pada 3 Agustus 2010 mendatang jangan sampai mencederai demokrasi yang ada, namun sebaliknya kita mampu menjaga bersama keamanan dan ketertiban di tengah-tengah masyarakat.

Warga juga dihimbau menyukseskan Pemilukada dengan menggunakan hak pilinya sesuai hati nuraninya

0 komentar:

Posting Komentar